Perusahaan Asuransi Terbaik Untuk Hewan Peliharaan

Pernah mendengar asuransi untuk hewan peliharaan? Saat berbicara tentang asuransi, banyak yang beranggapan bahwa asuransi hanya diperuntukkan bagi manusia saja.

Padahal nyatanya, kita juga bisa mengajukan asuransi untuk hewan peliharaan tercinta kita. Walaupun belum terlalu banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi untuk hewan peliharaan, namun ada perusahaan yang justru menyediakan asuransi untuk hewan peliharaan.

Asuransi Untuk Hewan Peliharaan

Asuranasi untuk hewan peliharaan sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya masing-masing sehingga hal tersebut akan membantu kita dalam mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan terhadap hewan peliharaan.

1.Sinar Mas Simas Pet Insurance

Perusahaan Sinar Mas itu sendiri merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di berbagai sektor, salah satunya asuransi.

Simas Pet Insurance merupakan salah satu asuransi untuk hewan peliharaan yang memang berfungsi dalam memberikan perlindungan bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing kesayangan dari hal-hal yang tak diinginkan, termasuk risiko kematian, kecelakaan, pencurian yang disertai kekerasan, dan risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ke tiga. 

Ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu yang berhubungan dengan hewan peliharaan, antara lain:

  • Anjing yang diasuransikan harus memiliki Stambum
  • Kucing yang diasuransikan harus memiliki sertifikat ICA (Indonesia Cat Association).
  • Penetapan harga pertanggungan adalah berdasarkan kwitansi pembelian
  • Jika tidak memiliki kwitansi pembelian, maka penggantian disesuaikan dengan harga rekanan pet shop PT. Asuransi Sinar Mas
  • Terdapat resiko sendiri atau resiko yang juga turut ditanggung oleh Tertanggung sebesar 20% dari klaim yang disetujui

Sementara itu, hewan yang didaftarkan untuk asuransi juga memiliki batas umur, baik saat baru membuat polis maupun saat membuat polis perpanjangan.

Untuk polis baru, hewanpeliharaan setidaknya harus berusia minimal 2 bulan sampai dengan 3 tahun. Sedangkan untuk memperpanjang polis, hewan setidaknya harus berusia mulai dari 4 – 8 tahun.

2.Rumah Polis Pet Insurance

Perusahaan ini merupakan bagian dari perusahaan asuransi PAIB Indonesia yang juga turut bekerja sama dengan Adira Insurance dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk membeli produk asuransi dalam bentk digital sehingga masyarakat bisa mengakses polis dimana saja kapan saja.

Salah satu produk yang disediakan oleh Rumah Polis ini adalah asuransi untuk hewan peliharaan. Ada 3 paket asuransi yang bisa kalian pilih di mana masing-masing paket memiliki jumlah premi yang berbeda-beda. Jumlah premi berkisar antara Rp 425.000  per tahun – Rp 1.250.000 per tahun.

Syarat:

  • Usia hewan peliharaan yang tertanggung minimal 6 bulan dan maksimal 8 tahun
  • Hewan peliharaan tertanggung wajib memiliki sertifikat atau tanda pengenal resmi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang
  • Tertanggung wajib mengungkapkan data hewan peliharaan, yaitu nama, jenis kelamin, usia, jenis hewan peliharaan, dan nomor sertifikat atau data lainnya yang diperlukan
  • Foto hewan kesayangan kamu sebagai pelengkap penutupan Asuransi dan akan menjadi bagian dari dokumen penutupan yang disimpan oleh penanggung
  • Hewan peliharaan dalam keadaan sehat, tidak sedang mengalami cidera badan, tidak sedang mengalami masalah perilaku, atau dalam perawatan Dokter Hewan pada saat penutupan asuransi
  • Tertanggung adalah individu dan bukan badan hukum
  • Hanya berlaku di wilayah Republik Indonesia
  • Mata Uang yang digunakan adalah Rupiah
  • Masa pertanggungan sesuai dengan masa pertanggungan yang tercantum di dalam ikhtisar polis
  • Sistem klaim yang digunakan adalah sistem reimbursement

Rumah polis juga memberlakukan pengecualian jaminan untuk beberapa kasus tertentu. Ketentuan klaim juga berbeda-beda berdasarkan kasus  yang dialami oleh hewan peliharaan yang kalian miliki.

Itulah 2 asuransi yang khusus untuk hewan peliharaan kalian. Semoga artikel ini bermanfaat.