Tips Memilih Asuransi Mobil

Kalian mungkin sudah mengendarai mobil secara hati-hati, menggunakan safety belt, serta mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku. 

Sayangnya, hal serupa belum tentu dilakukan oleh pengendara lain. Bukan tak mungkin, keteledoran orang lain mengancam kendaraan, bahkan keselamatanmu.

Tak hanya kecelakaan, tindakan criminal seperti pencurian juga bisa terjadi pada siapa saja. untungnya, ada asuransi mobil yang bisa meminimalkan kerugian finansial yang dialami saat terjadi situasi tak diharapkan tersebut.

Dengan begitu, kerugian yang ditanggung tak sebesar kerugian sebenarnya. Namun, punya asuransi mobil berarti harus bayar premi.

Bandingkah dengan manfaat yang didapatkan? Jawabannya tentu sebanding, asal bisa memilih asuransi yang tepat guna.

Memilih asuransi mobil merupakan salah satu cara menjaga kondisi keuangan tetap sehat, manfaat yang didapat bisa lebih besar dibanding premi yang dibayarkan.

Tips Memilih Polis Asuransi Mobil

Dari sejjumlah fitur yang dimiliki oleh berbagai perusahaan asuransi, mayoritas perusahaan asuransi sudah Go Digital.

Jadi, taka da lagi cerita rumitnya proses klaim hingga kerepotan bolak balik menemui petugas asuransi.

Meski begitu, memilih asuransi mobil juga ada tips dan triknya agar manfaat yang didapatkan bisa optimal. Sebelum membeli polis asuransi, perhatikan dulu beberapa tips di bawah ini.

1.Kenali Kondisi Mobil Dan Lokasi Penggunaan

Untuk memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan, kalian harus memahami kondisi mobil terlebih dahulu.

Mobil keluaran baru dan mobil keluaran lama atau mobil yang sudah lama dipakai tentu berbeda kebutuhannya. Dengan begitu, layanan asuransi yang perlu dipilih juga bisa berbeda.

Jika harga mobil tergolong tinggi sehingga membutuhkan biaya besar sekali pun untuk kerusakan ringan, sebaiknya pilih asuransi all risk.

Asuransi all risk juga cocok untuk mobil rental yang rentan rusak. Faktor lokasi juga berpengaruh dalam menentukan jenis asuransi.

Misalnya jika jalanan yang dilalui sehari-hari cukup lenggang, namun lingkungan tempat tinggalmu terkenal dengan tingkat kriminalitas tinggi, maka memilih asuransi TLO bisa menjadi lebih efektif.

2.Pilih Asuransi Dengan Premi Yang Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Tentu saja kalian juga tak mau harus menunggak penmbayaran premi, sehingga tak mendapat manfaat asuransi secara maksimal.

Karena itu, hitung berapa besar dana yang bisa kalian alokasikan untuk membayar premi. Rata-rata harga premi asuransi mobil mulai dari 0,8% – 1% dari harga mobil untuk asuransi mobil TLP dan 2 – 3% dari harga mobil untuk asuransi mobil all risk.

Bandingkan besaran premi dan fasilitas yang diberikan oleh tiap perusahaan asuransi.

3.Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Reputasi perusahaan asuransi bisa dilihat dari rasio keluhan pelanggan, kualitas bengkel rekanan perusahaan, serta prosedur klaim yang tidak menyulitkan nasabah.

Untuk mendapat informasi tersebut, jangan ragu untuk mencari dari berbagai sumber, mulai dari internet hingga bertanya langsung kepada nasabah asuransi mobil yang kalian kenal.

Satu hal yang paling penting, pilihlah perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4.Perhatikan Fitur Layanan Yang Ditawarkan

Setiap jenis asuransi mobil pasti memberikan keuntungan yang berbeda. Karena itu, pastikan kamu telah mengetahui fitur layanan apa saja yang diberikan.

Bukan hanya pelanggan utama, namun juga layanan tambahan, seperti fasilitas mobil derek, pengadaan mobil pengganti, mobil ambulans, hotline service, dan sebagainya.

Walau terlihat menarik, tak perlu menambah perluasan jaminan jika tak terlalu membutuhkannya.

Itulah beberapa tips untuk memilih asuransi mobil yang bisa kalian terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.