Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Yang Harus Kalian Tahu

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para tetanggungnya apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit.

Selain itu, Asuransi Kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tetanggungnya.

Untuk mendapatkan perlindungan maupun manfaat Asuransi Kesehatan, setiap nasabah atau pemegang polis Asuransi Kesehatan wajib membayar premi asuransi kesehatan secara berkala.

Besaran premi Asuransu Kesehatan bervariatif, nilainya disesuaikan dengan kondisi kesehatan tetanggung, tingkat risiko, manfaat dan ketentuan lainnya dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Beda dengan BPJS kesehatan, asuransi swasta memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh BPJS Kesehatan seperti unggu dalam hal kecepatan, kemudahan, dan flesibilitas memilih rumah sakit.

Pengobatan di semua rumah sakit pada dasarnya diterima oleh asuransi, baik yang kerjasama (cashless) dan tidak kerjasama (reimbursement).

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Seperti produk pinjaman, memiliki Asuransi Kesehatan tentunya bisa memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan kalian.

Jika pertanyaannya perlu atau tidak, sudah tentu jawabannya perlu. Lalu, apa alasannya? Yuk simak di bawah.

1.Meringankan Beban Keluarga

Dengan memiliki Asuransi Kesehatan, kalian tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat jika kalian terserang penyakit atau harus di rawat di rumah sakit dengan jangka waktu tertentu.

Dengan asuransi kesehatan, biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga kalian tidak perlu khawatir.

2.Hemat Biaya

Biaya kesehatan mengalami kenaikan setiap tahun sehingga jika kalian memiliki Asuransi Kesehatan, kalian bisa membiayai biaya perawatan kalian tanpa mengeluarkan biaya yang besar dalam jangka panjang jika kalian terkena penyakit kritis atau harus di rawat inap di rumah sakit.

Secara umum, biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10 – 15% setia p tahunnya.

Kenaikan biaya kesehatan ini juga tidak diimbangi oleh perhitungan kenaikan gaji, sehingga risiko kehilangan asset atau mengalami kebangkrutan sangat besar bila kalian terkena penyakit.

3.Semakin Muda, Premi Asuransi Semakin Murah

Penilaian ini berdasarkan pada risiko penyakit kronis yang bisa menimpa kalian. Semakin muda umur kalian, maka risiko terkena penyakit kronis juga akan semakin kecil serta semakin murah biaya premi yang harus dibayarkan.

4.Murah

Biaya Premi Asuransi Kesehatan terbilang cukup murah apalagi jika kalian ingin mencoba menggunakan Asuransi Kesehatan yang murni.

5.Cashless

Adanya sistem Asuransi Kesehatan cashless yang memungkinkan kalian hanya perlu membawa kartu khusus yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mempermudah saat melakukan klaim.

Ada beberapa alasan mengapa kalian membutuhkan Asuransi Kesehatan, salah satunya adalah memberikan perlindungan kesehatan bila kalian sewaktu-waktu terkena sakit (penggantian obat dan pemeriksaan) atau ingin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit kalian.

Selain itu, dengan memiliki Asuransi Kesehatan, kalian bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan bila kalian terpaksa harus di rawat (opname) di rumah sakit ketika terserang penyakit atau kecelakaan serta membantu mengurangi biaya operasi atau persalinan saat keadaan darurat.

Pengajuan asuransi kesehatan bisa dilakukan baik secara langsung melalui website cermati atau bisa melalui aplikasi di hp seperti pinjaman online.

Itulah manfaat yang bisa kalian dapatkan jika memiliki Asuransi Kesehatan. Tak ada salahnya berjaga-jaga dengan membuat asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.