Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Bukan hanya sebagai gaya hidup dan status social, zaman sekarang ternyata telah banyak orang yang sadar akan pentingnya kebutuhan asuransi.

Hal yang paling banyak diasuransikan adalah kesehatan. Generasi sekarang lebih terbuka untuk menerima hal-hal yang berkepentingan dengan masalah kesehatan dan pendidikan.

Sayangnya, generasi sebelumnya belum banyak yang menyadari pentingnya asuransi kesehatan dan pendidikan.

Misalnya beberapa orang tua akan beranggapan bahwa membeli asuransi kesehatan itu tidak perlu, namun saat terjadi masalah kesehatan mereka baru menyadarinya bahwa asuransi kesehatan sangatlah penting, terlebih untuk orang – orang yang susah dalam menabung.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk kamu maupun anggota keluarga kamu, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan, yaitu:

1.Cashless

Di zaman digital ini, kemudahan selalu menjadi prioritas. Sistem pembayaran klaim akan menjadi lebih mudah dengan sistem cashless atau non tunai.

Jika kalian terpaksa masuk rumah sakit maka kamu tak perlu repot membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak.

Kamu hanya perlu menggesek saja kartu asuransi kamu untuk membayar biaya perawatan selama di rumah sakit.

Kalian tak memerlukan lagi uang tunai atupun surat surat untuk melakukan klaim. Namun, perlu diperhatikan bahwa sistem seperti ini mengharuskan rumah sakit bekerja sama dengan pihak asuransi kesehatan pilihanmu.

Jika tidak maka kamu akan membayar dulu di muka atas biaya perawatan rumah sakit itu baru kemudian kamu mengklaimnya ke perusahaan asuransi.

2.Jaringan rumah sakit yang luas

Pastikan kamu memilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit luas dan tersebar di mana-mana. jika kamu memiliki rumah sakit langganan maka kamu bisa pastikan jika rumah sakit tersebut bekerja sama dengan asuransi kesehatan pilihanmu.

Ini sangat penting karena jaringan rumah sakit dan asuransi sangat memberikanmu kemudahan. Jika kamu memilih asuransi yang jaringan rumah sakitnya sedikit, tentu akan merepotkanmu saat akan berobat.

3.Pelayanan dan Premi Sesuai

Dalam mengambil asuransi kesehatan hendaknya kamu harus bisa memilih yang paling tepat dan juga sesuai dengan harga premi yang dibayarkan.

Biasanya dalam masalah kesehatan orang cenderung ingin memilih yang paling bagus. Namun hal ini juga jangan sampai membuat kamu kewalahan dalam membayar premi tinggi. Sesuaikan saja dengan keuangan kamu.

4.Utamakan Manfaat Rawat Inap

Jika kamu akan membeli asuransi kesehatan utamakan untuk rawat inap. Biasanya biaya rawat inap inilah yang paling besar. Hal ini akan sangat membantu kamu jika sewaktu-waktu harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

5.Pilih Tanpa Limit Per Perawatan

Biasanya asuransi memiliki 2 macam limit dalam aturannya. Pertama limit gabungan untuk semua perawatan dan kedua limit per perawatan.

Akan sangat baik jika kamu memilih aturan yang pertama yaitu limit gabungan semua perawatan. Ini akan lebih menguntungkan kamu karena tidak akan memberikan batasan berapa biaya untuk setiap tindakan yang akan dilakukan oleh rumah sakit.

6.Jangan Ambil Asuransi Kesehatan Melalui Telepon

Penawaran asuransi kesehatan melalui telepon semakin marak belakangan ini. Sebaiknya kamu jangan terlalu cepat tergoda penawaran seperti ini.

Dengan terbatasnya waktu dengan berbicara di telepon kamu tidak akan mendapatkan penjelasan sejelas-jelasnya tentang produk asuransi kesehatan itu.

Jika kamu sedikit tertarik maka kamu bisa meminta kontak yang bisa dihubungi kembali saat kamu memutuskannya membeli.

Itulah beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.